Rabu, 05 Mei 2010

JALAN

KLASIFIKASI JALAN MENURUT FUNGSINYA
  • Jalan arteri =jalan yg melayani angkutan utama dengan cri2 perjalanan jauh kecepatan tinggi , dan jumlah jalan masuk dibatasi
  • Jalan kolekor = jalan yang melayani angkutan pengumpulan ciri2 perjalanan jarak sedang kecepatan sedang dan jumlah jalan masuk dibatasi
  • jalan lokal = jalan yang melayani angkutan setempat dengan ciri2 perjalanan jarak dekat ,kecepatan rendah dan jumlah jlan masuk tdk dibatasi
 KLASIFIKASI MENURUT STATUS
  • jalan kota = jalan yg menghubungkan pusat kgiatan lokal dalam kota menghubungkan pusat pemukiman yang da di perkotaan
  • jalan desa = jalan umum sistem tersier menghubungkan desa dngn pemukiman
  • jalan khusus = sesuai dengan instansi
  • jalan nasional= jalan arteri primer menghubungkan antar ibukota propinsi,antar negara
  • jalan propinsi = jaan fungsi kolektor primer antara ibukota propinsi deng kbupaten ,ibukota kaupaten atau antar kota
  • jalan kabupaten = funsi lokal primer ibukota dengan ibukota kecamatan ,antar ibukota kecamata, antar pusat kegiatan lokal
KETERANGAN PETA
  • semua peta mmpunyai panah arah utara dan grid x , y
  • garis kontur adlah garis yg menghubungkan titik2 dngn krtingiaan yg sma
  • garis kontur adalah garis tertutup , bkan garis patah2 tp garis lengkung
  • garis kontur tdk bs berpotongan sama sekali
  • kalau jalan rata jarak antar kontur sama 
  • garis kontur dan sungai akan berpotongan tegak lurus
  • garis kontur mempunyai angka ketinggian bulat
PEMILIHAN RUTE
FAKTOR2 yang menentukan lokasi jalan / rute
  • Pengaruh medan /topografi
  • Perpotongan dng sungai
  • daerah lahan kriis
  •  =        aliran sungai
  • matrial kontruksi jalan
  • galiandan timbumam
  • pembebasan lahan
  • lingkungan , sosial
FAKTOR@ PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN
  • Kondisi lalulintas =data lalulintas landsan utama krena pengaruh dalam perencanaan geometrik jalan
  • keadaan topografi = topografi merupakan faktor penentuan lokasi pd umumnya untuk penentuan trse jalan
  • keadaan geologi = keadaan tanah dasar sendri dapat mempengaruhi lokasi dan bentukgeometrik jalan tersebut.misalnya daya dukung tanah kurag baik,muka air tanah tinngi
  • Kondisi sosial ekonomi = Penggunaan tanah seperti pertanian,industri,perkampungan, dapat mempengaruhi perenanaan
JENIS SURVEY
  • survei manual=surveyor brda tepat ditepijalan dan mencatat setiap kndaraan yg melintas yang telah ditentukan oleh formulir yng tlah disiapkan
  • Survei otomatis = selang udara kususnya digunakanuntuk pencacahan yg relatif singkat , terdiri dari satu selang karet yg diletakan secara melintang pda jalur dan diikat pda permukaan jalan dengan menggunakan klep khusus
  • Survey hambatan = menilai kualitas pelayanan rute angkutan umum, mengidentifikasi penyebab kemacetan , menentukan kbutuhan lampu lalulintas ,analisa ekonomi
  • survey kecepatan = dilakukan dilokasi yg tetep dijlan , ada 2 bagiam pengukuran langsun dan tak lansung ,ada 2 metoda pengukuran tak langsung dua pengamat dan enoscope ,pengukuran langsung dengan menggunakan radar gun speed motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
padang, sumatra barat, France